Berita Populer

Kamis, 03 Maret 2011

[Tutor corel draw] Membuat awan..


Akhirnya baru kali ini gw nyoba-nyoba buat bikin tutorial corel draw.. hehe.. moga terbantu yaaa :). tutor perdana gw kali ini mau ngejelasin gimana buat bentuk awan, awan yang kaya dilangit itu lohh… buat awan ternyata gak susah kok, gampang banget malahan. Btw, pake corel draw versi berapapun gak ngaruh kok sama tutor ini. Yaudah langsung aja mulai prakteknya yaa…
Pertama, kasih warna background pake warna biru langit
Caranya, pilih rectangle tool atau bisa klik F6, abis itu buat segi empat yang gedenya sampe nutupin seluruh page yang ada. Kalo udah kasih warna segi empatnya pake warna biru langit.
Kedua, kasih gradient di segiempatnya pake warna biru langit dan biru laut.
Caranya, pilih interactive fill tool atau bisa juga dengan menekan huruf G. Kalo udah, arahin pointer mousenya dari bagian bawah sampe ke bagian atas dari segiempatnya.
Nah, kan tampilan di atas masih nunjukin kalo itu gradient dari warna biru langit sama warna putih, kan kita maunya warna biru langit sama biru laut kan? Yaudah cara ngerubahnya, klik di kotak warna putih yang ada di bagian ujung atas anak panah. Kalo udah, ganti warnanya pake warna biru laut. Nanti hasilnya kayak tampilan di bawah ini.
Ketiga, lock object si segiempatnya.
Caranya, klik kanan di segiempatnya abis itu pilih lock object. Nanti segiempatnya gak bisa digeser-geser ataupun di otak-atik. Tujuannya supaya gak ngeribetin proses-proses selanjutnya.
Keempat, Buat lingkaran bertumpuk yang tumpukannya mengikuti pola awan.
Caranya, pilih ellipse tool atau bisa juga dengan klik F7. Abis itu buat lingkaran yang banyak terus juga bertumpuk sampe nanti tumpukkannya ngikutin bentuk awan.
(Tips: biar rapih, pas buat lingkarannya, jangan asal bikin pake mouse, tapi dibantu juga pake tombol Ctrl, jadi nanti yang kebentuk bener-bener lingkaran, bandingin aja bikin lingkaran yang sambil neken Ctrl sama yang enggak)
Kurang lebih tampilannya kayak di atas. Nah kalo udah kayak gitu, blok semua lingkarannya terus klik icon weld yang letaknya ada di toolbar bagian atas.
Nah nanti kalo udah, tumpukan lingkaran tadi bakalan bergabung jadi satu.
Kelima, kasih warna di bagian awannya, terus tambahin sedikit effect shadow.
Caranya, klik di awannya, terus klik pilihan warna yang ada di bagian kanan dari corel drawnya. Kalo gw sih kasih warna putih polos.
Nah sekarang tinggal ngasih effect bayangannya, caranya klik Interactive drop shadow tool. Letaknya ada di toolbar bagian kiri.
Terus kalo udah, klik di awannya, terus drag agak ke bawah sedikit, terus lepas. Nanti bakalan kebentuk bayangannya. Bayangan yang dibuat jangan terlalu jauh dari awannya, nanti jatohnya jadi aneh, jadi biar enak, buat bayangannya tapi bayangannya itu gak jauh-jauh dari awannya. Tampilannya kayak di bawah ini.
Nah itu dia hasil akhir dari pembuatan bentuk awan di corel draw. Tapi kalo cuman awannya aja kan keliatannya gak asik tuh, masih kurang greget, yaudah temen-temen bisa tumpahin kekreatifitasan temen-temen di page yang tadi, biar nanti jadinya lebih wahh! Haha….
Misalnya kayak di bawah ini.
Kalo yang ini buatan gw sendiri. Kan jadinya lebih enak diliat ketimbang cuman awannya aja, ya gak? Hehe… sekarang tinggal gimana temen-temen kembangin lagi bentuk awan itu gak cuman sekedar awan, tapi jadi sebuah awan yang waah..
Kembangin imajinasi temen-temen terus tumpahin di corel draw. Ok ;-)
Selamat mencoba. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar