Berita Populer

Kamis, 03 Maret 2011

Tips biar pede dan gak minder


pede
Gak percaya diri? Minder? menurut gw itu hal yang wajar dan manusiawi.
Tapi jangan dibiasain sifat itu melekat di diri kita. Percaya itu menurut gw penting apalagi buat perkembangan diri kita dalam segala bidang. Coba deh kita bandingin antara orang yang percaya diri dan yang tidak percaya diri, pasti akan lebih sukses orang yang percaya diri.
Percaya diri itu bisa membangkitkan semangat yang terpendam dalam diri kita, akhirnya kita menjadi orang yang sukses dan bisa memenuhi apa yang menjadi keinginan kita, tentunya diiringi dengan usaha dan doa.
Ok sip, lanjut ke topik. Di sini gw mau ngasih tips supaya kita bisa Pede dan gak minder. Lets cekidot:
  1. am-iJadilah diri lo sendiri, jangan pernah berusaha menjadi diri orang, justru orang lain malah kurang suka atau sedikit risih sama kelakuan lo yang suka niru gaya orang lain. Malahan bisa jadi orang lain itu berpikir “ngapain sih tuh orang ngikutin gayanya si X ?”. Nah loh? pasti kita gak mau kan disindir kayak gitu walaupun masih di dalam hatinya dia. makanya biar PEDE, jadi diri sendiri. Kalo jadi diri orang lain malah makin gak PEDE.
  2. Tutupin kekurangan yang lo punya sama kelebihan yang lo punya. Biasanya orang yang Kurang Pede itu bisa diakibatkan sama kekurangannya yang menurut dia banyak, jadinya dia gak Pede tampil di depan orang ataupun terhadap dia sendiri. Sekarang lo pikir, Apa sih kelebihan/potensi yang lo punya? Pasti Allah udah ngasih kita kelebihan yang luar biasa dalam diri kita. Mungkin lo itu seorang penulis yang hebat? atau seorang pelukis yang bisa membuat suatu karya mengagumkan? atau seorang yang ahli dalam bidang musik? dan masih banyak lagi. Mulai sekarang, kalo lo bener2 ngerasa gak pede, tunjukin kalo lo itu sebenernya punya suatu nilai plus di mata orang lain, jadinya orang lain itu nganggep lo bukan seperti orang yang cacat, pincang, gemuk, atau kurus, atau kekurangan lainnya, tetapi orang bakal ngeliat lo sebagai orang yang, “waah? km jago banget ya gambarnya, mau dong diajarin! ^_^” atau lainnya. Ok. Telusurilah dirimu sedalam mungkin dan syukuri apa yang Allah udah kasih ke lo. ;-)
  3. Rendah hati (ingett bukan rendah diri). Penting banget! Misalnya lo gak pede dalam hal bermusik, lo ngeliat tampilan temen lo dalam bermusik jauh lebih hebat, nah lo jangan langsung “ahh gimana gw bisa jago maen musik, sedangkan dia aja jagonya udah kemana-mana” Buang deh perasaan kayak gitu, Lo gak boleh RENDAH DIRI, tapi lo harus RENDAH HATI. Kalo ada yang lebih jago dari lo entah dari bidang apapun juga, lo seharusnya harus bisa muji dia “waah maen musik lo jago yaa, mau dong ajarin” bukannya jadi musuhin dia atau dendam ke tuh orang. justru lo harus bisa bertemen baek sama dia, supaya ilmunya tertular ke lo, begitchu, wkwkwk. Kalo lo RENDAH DIRI, lo bakalan semakin minder dan gak percaya sama kemampuan diri lo sendiri. Ok.
  4. Belajarlah agar bisa memotivasi diri sendiri. Contoh: “Pasti gw Bisa ngerjain ini semua, Orang lain aja bisa, kenapa gw enggak?” . Kalo gak bisa memotivasi diri sendiri, coba deh lo minta nasehat  atau minta dimotivasi sama temen lo yang sekiranya menurut lo bisa nyemangatin lo. Kalo kita udah termotivasi, biasanya apa yang kita takutin, yang kita gak mau, jadi bisa kita lewatin itu semua dengan baik. Semangat itu penting loh.
  5. Penampilan. penampilan itu penting buat kepercayaan diri kita tampil di depan umum. bakatApa lo ngerasa apa yang lo pake itu bikin lo minder? apa lo ngerasa setiap pakaian yang lo pake itu gak cocok dan bikin minder diri lo? Boleh banget berfikiran kayak gitu, cuman kalo setiap detik setiap menit lo selalu mikir kayak gitu, kapan lo mau Pedenya Gaan? Kalo lo orangnya termasuk yang kayak gitu, mulai sekarang coba deh lo sering2 ngaca di depan kaca yang gede (kalo gak punya yang kecil aja hehe) ngacaterus lo bergaya ataau ngomong sendiri juga boleh, terus lo bilang dalem hati “Lo tuh keren banget, lo tuh ganteng/cantik banget, pokoknya lo gak ada yang bisa ngalahin deh”Seperti yang udah gw bilang tadi, motivasi diri itu penting, selagi lo ngaca kayak gitu lo terus berusaha memotivasi penampilan lo. Terus juga minta pendapat dari temen2 lo, kira2 apa sih yang masih kurang di penampilan gw. Insya Allah nanti lo jadi pede tampil di depan umum dengan gaya lo itu.
  6. Malu jalan sendirian di depan umum atau di depan orang yang gak lo kenal? Ini jg salah satu orang bisa jadi minder dan gak pede.  jalan sendiriYang ini sih gampang, udah deeh lo anggep aja di sekeliling lo itu anak bayi semua, atau lo anggep aja bak debu-debu yang berterbangan (alaah sok banget gw, hahaha), kalo masih gak bisa, MOTIVASI diri lo sendiri supaya lo semangat. Masih gak bisa juga? yaudah lo ajak aja temen lo satu atau dua orang buat nemenin lo. gpp kok wajar menurut gw, tapi perlahan lo harus bisa tampil pede di depan halayak. ok ;-)
  7. Lakuin hal yang menurut lo itu benar dan jangan lo lakuin hal yang menurut lo itu salah. kalo lo punya mainset kayak gitu, menurut gw itu udah bagus, jadi pikiran lo udah di doktrin supaya lo berfikir demikian. jadi kalo sekiranya hal yang bakal lo lakuin itu bener, pasti lo udah terotomatisasi buat pede, yakin deh, tapi kalo lo gak punya mainset kayak gitu, yaa jadi agak susah buat pede. minder Kalo orang banyak yang bilang kalo lo itu payah, jelek, cacat, gemuk, kurus, dll, pasti dalam pikiran lo udah berpikir, “yaelah ngapain juga gw dengerin mereka, toh menurut gw apa yang mereka bilang belom tentu sesuai sama apa yang gw pikirin”jadinya lo udah termotivasi secara otomatis sama mainset lo itu dan ingat selalu berusaha untuk berfikir positif. akhirnya lo bakalan tetap pede dan gak minder.
  8. Ada lagi nih yang menurut gw bisa bangkitin kepedean lo,NARSIS! kalo lo punya hp kamera, atau sesuatu yang bisa motret, lo coba tiap hari seenggaknya lo bisa foto2 sama diri lo sendiri, gw yakin, lama-lama lo bisa jadi pede. Jujur aja, gw juga awalnya gak pedean, tapi gw punya bnyak temen yang narsisnya luar biasa, akhirnya gw tertular kenarsisan mereka, Lama lama pasti lo bakalan pede deh. ^_^
Mungkin masih banyak lagi cara-cara yang bisa bikin kita pede. Cara-cara di atas itu cuman tips dari gw yang gw rasa bisa bikin lo pede karena gw bisa pede juga dari cara-cara di atas.  Memang tidak semudah dengan apa yang kita ucapkan, tapi setidaknya kita usaha dulu, ya gak? Sebenrnya yang paling tau apa masalah dari kekurang pedean kita cuman diri kita sendiri. Kita harus pandai-pandai menulusuri seluk beluk diri kita, apa yang kurang dan apa yang lebih. Koncinya kita harus bisa mensyukuri segala apa yang udah Allah berikan ke kita. insya Allah kalo kita berfikiran gitu, kita sebenernya udah bisa pede dengan sendirinya. Kembangin potensi yang lo punya dan jangan pernah ngerasa diri lo itu lemah dan rendah dari pada orang lain. Ok gaans! ;-)
Maap kalo salah kata, kalo mau sharing, gw gak nolak kok. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar